Thursday 13 February 2014

NIKMAT ALLAH YANG LUAAAR BIASA


Surat 55 (Ar-Rahman) ayat 13, dalam surat Ar-Rahman Allah S.WT menegaskan atau bertanya berkali-kali yaitu sebayak  31 kali kepada kita (Manusia) " Nikmat Tuhan Kamu Yang Manakah Yang Kamu Dustakan ? " agar kita sebagai manusia sadar terhadap segala nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita.

Sedikit saya sering dengan apa yang saya ketahui,,,,,pada saat hari sabtu malam saya tidak bisa tidur karena siangnya saya tidur siang cukup lama sekali namanya juga "Pengacara" (Penganguran Banyak Acara) jadi ya....g ada kerjaan...kerjanya cuma tidur aja. Karena saya tidak bisa tidur akhirnya saya lihat film sampai jam 3 pagi melototi TV lah pas filmnya iklan saya pencet-pencet remot cari film yang lain eh ndak tahunya saya mendapatkan tontonan yang bagus, namanya program apa aku juga lupa...intinya kultum sebelum sholat subuh lah yang di bahas adalah "Nikmat Allah SWT".



Dalam pembahasan Nikmat Allah SWT di awali dengan pembacaan Al-Qur'an Surat Ke-55 ayat 1-13. yang lebih di tekankan di sini adalah pada ayat ke-13 yaitu itu tentang pertayaan allah kepada kita tentang nikmat yang di berikan kepada manusia. Kita sebagai umat muslim kalau kita pikir-pikir sudah tidak sampek, kenapa?? karena Allah begitu Rohman dan Rohim, begitu.......buuuuaaayak nikmat yang di berikan kepada kita (manusia). 

Di dalam kultum tersebut ada sedikit cerita, saya ndak tahu cerita itu dari hadist, al-qur'an, sahabat nabi Muhammad SAW batau dari sebuah kitab (soalnya saya telat..pas iklan saya pinda chenel pas kembali ke chenel kultum ketinggalan beberapa menit :) )

Cerita : (saya ambil intinya saja ya...biar g panjang-panjang)
Ada sekelompok orang muslim yang ingin bepergian dari satu tempat ke tempat yang lainnya, jumlah kelompok itu 10 orang.

10 orang tersebut berjalan manaiki untah dan melewati padang pasir. tiba-tiba pada saat di padang pasir, terdengan suara dari padang pasir tersebut "Apabila kau mengabil aku (pasir), maka kau akan menyesal, Apabila kau tidak mengambil aku (pasir), maka kau-pun akan menyesal, Apabila kau mengambil aku (pasir) dengan jumlah banyak atau sedikit, maka kau-pun akan menyesal"

10 orang tersebut mengengok ke arah kanan, kiri, depan dan belakang tidak ada siapa-siapa, yang ada hanyalah padang pasir, akhirnya 10 orang tersebut memutuskan untuk turun dari unta untuk mengambil masing-masing 1 orang satu genggam pasir, kemudian baru meneruskan perjalanan.

Pada ke-esokan harinya berangkat lagi satu kelompok yang berjumlah 10 orang sama seperti kelompok yang pertama, kelompok yang ke-2 ini juga melewati pada pasir yang telah di lewati oleh kelompok pertama. Pada saat sampai di padang pasir tersebut kelompok ke-2 mendengan suara yang mucul dari padang pasir.  

"Apabila kau mengabil aku (pasir), maka kau akan menyesal, Apabila kau tidak mengambil aku (pasir), maka kau-pun akan menyesal, Apabila kau mengambil aku (pasir) dengan jumlah banyak atau sedikit, maka kau-pun akan menyesal"

Mereka menoleh ke arah kanan, kiri, depan, dan belakang tidak ada siapa-siapa. Akhirnya kelompok ke-2 ini memutuskan untuk mengambil pasir tersebut masing-masing 1 orang 1 kantong, kemudian meraka melanjutkan perjalannya.

Pada ke-esokan harinya lagi berangkat kelompok yang ke-3 dan jumlahnya pun 10 orang. meraka juga akan menuju ketempat yang sama seperti kelompok 1 dan 2 dan melawati padang pasir yang sama juga dan mendengarkan suara yang sama pula, yaitu : 

"Apabila kau mengabil aku (pasir), maka kau akan menyesal, Apabila kau tidak mengambil aku (pasir), maka kau-pun akan menyesal, Apabila kau mengambil aku (pasir) dengan jumlah banyak atau sedikit, maka kau-pun akan menyesal"

Mereka menoleh ke arah kanan, kiri, depan, dan belakang tidak ada siapa-siapa. Akhirnya kelompok ke-3 ini memutuskan untuk mengambil pasir tersebut masing-masing 1 orang 1 karung, kemudian meraka melanjutkan perjalannya.

Ketika semua kelompok tersebut sampai di tempat yang sama, mereka semua saling bertanya.
Salah satu dari kelompok itu bertanya : He...kawan...apakah kalian melewati padang pasir yang di sana dan ada suara dari padang pasir tersebut?

Kelompok yang lain semuanya menjawab : iya...saya lewat di padang pasir itu dan di padang pasir itu muncul suara.

Salah satu dari mereka bertanya lagi : Apakah kalia mengambil pasir yang ada di sana ?

Semua menjawab : Iya.....(ada yang bilang saya ambil 1 gengam, ada yang 1 kantong, ada yang satu karung.

Dari kelompok 1 membuka pasir tersebut dan mereka Semua Terkejut melihatnya ternyata pasir tersebut adalah Emas, Berlian, Intan Permata. Kelompok yang petama ini menyesal karena sudah membawah pasir tersebut.
Dari kelompok 2 dan 3 juga seperti itu di buka pasir yang di bawahnya itu dan ternyata pasir itu adalah Emas, Berlian, Intan Permata. Mereka semua sungguh sangat menyesal.

Kenapa mereka menyesal..?? Karena meraka sangat Cinta Kepada Allah....hanya allah lah tempat mereka bersandar, tempat mereka meminta tolong dan tempat mereka menyembah dan tempat meraka untuk patuh dan taat kepada tuhan, karena Allah telah begitu banyak memberikan kita nikmat yang sangat berlimpah sampaik kita manusia tidak menyadari bahwa itu adalah nikmat dari Allah SWT.

Maka dari itu Allah SWT telah menegaskan kepada kita melalui Surat Ar-Rahman Ayat ke-13 "Nikmat Tuhan Kamu Yang Manakah Yang Kamu Dustakan ?". Begitu banyak nikamat yang Allah berika kepada kita, sudah seharunya, sepantasnya kita bersyukur kepada Allah SWT.

Semoga kita menjadi orang-orang yang panda Mensyukuri Nikmat Yang Diberikan Oleh Allah SWT.

Cukup sekian Cerita dari Mas TamTam, semoga bisa menginspirasi kita semua dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Apabila ada kesalahan maksud atau salah kata-kata dalam cerita saya ini mohon di maklumi dan apabila berkanan mohon di benarnka dan mohon saya juga di berikan pencerahan karena kesempurnaan adalah milik Allah semata.

Terima kasih
Sudah membaca Cerita atau Shering dari saya.

1 comments:

Muhamad Hamdi said...

Terima kasih kang, telah berbagi ilmunya, sangat bermanfaat.

Post a Comment

Komentar anda adalah kemajuan bagi saya atau koreksi diri untuk saya.

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

prev next