Monday 16 May 2011

ShortCut atau Kombinasi Tombol.

ShortCut atau Kombinasi Tombol.
Hallo dolor sedoyo……Halo kawan – kawan disini saya ingin berbagi dengan kawan2. Dulu saya pernah dengar dari guru saya kaluo komputer jaman dulu tanpa mouse manusia bisa menggunakannya melalui keyboard. Dulu saya pikir tidak mungkin tapi setelah saya belajar ternyata itu mungkin karena kita bisa menggunakan Shortcut atau Kombinasi beberapa tombol yang ada di Keyboard. Nah saya sekarang sudah mengetahui sedikit tentang kombinasi tombol itu saya ingin membagi dengan teman – teman semoga meskipun sedikit ada gunanya bagi teman2. OK

Tombol Windows Key dapat di kombinasikan dengan tolbol lain dalam keyboard, sehingga menjadi shortcut yang akan mempercepat peritah dalam Widows atau mempercepat dalam membuka aplikasi tertentu. Tombol Windows yang di maksud adalah logo Windows yang biasanya terdapat pada deretan bagian bawah Keyboard (Sebelah tombol spasi), Seperti pada gambar berikut :




Beberapa Kombinasi Terssebut antara lain :
Tombol
Fungsi
Windows key + E
Membuka Windows Explorer
Windows key + F
Membuka Kotak dialog Find File
Windows key + R
Membuka Kotak dialog Run
Windows key + M
Minimaze (Meminimalkan semua windows yang terbuka)
Windows + Shift + M
Memaksimalkan semua windows yang tertutup
Windows key +  F1
Membuka Kotak dialog Help
Windows key + U
Menampilkan kotak dialog Utility Mnager
Ketika membuka Web broser
Ctrl + N
Membuka Kotak windows baru, ini juga bisa di gunakan tidak hanya di Web Broser aja tapi di software lain juga bisa.
Ctrl + O
Membuka Kotak dialog OPEN, ini juga bisa di gunakan tidak hanya di Web Broser aja tapi di software lain juga bisa.
Ctrl + P
Membuka Kotak dialog PRINT, ini juga bisa di gunakan tidak hanya di Web Broser aja tapi di software lain juga bisa.
Ctrl + T
Membuat Tab baru
Ctrl + Tab
Membuka halaman Windows yang lain
Ctrl + W
Menutup halaman windows yang sedang aktif
Selain itu, ada beberapa Shortcut yang umum digunakan sehingga mempercepat kerja anda
Ctrl + C
Untuk proses Copy
Ctrl + X
Untuk Proses Cut
Ctrl + V
Untuk proses Paste
Ctrl + Z
Untuk proses Undo
Delete
Menghapus File atau Folder
Shift + Delete
Menghapus File atau Folder secara permanen (Tidak akan masuk ke Recycle Bin)
Ctrl + drag File
Memidah / mengCopy File atau Folder ke tempat Folder yang diinginkan
Tombol F2
Mengganti nama File atau Folder yang di sorot (Rename)
Crtl + panan kanan
Memindah kursor ke kata selanjutnya
Crtl + panan Kiri
Memindah kursor ke kata sebelumnya
Crtl + panan atas
Memindah kursor ke paragraph sebelumnya
Crtl + panan bawah
Memindah kursor ke paragraph sesudahnya
Ctrl + A
Memilih semua isi dokumen dalam file yang sedang aktif
Ctrl + F4
Menutup aplikasi yang sedang aktif
Alt + Tab
Mengganti ke aplikasi lain yang sedang aktif, dengan menampilkan jendela kecil pada tengah layer
Ctrl + Shift + Delete
Membuka kota dialog Task Manager 

Semoga Tulisan ini bisa bermanfaat bagi konco2 sekalian, bila ada tulisan yang tidak jelas saya mohon maaf. terimah kasih dan selamat mencoba.!!

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda adalah kemajuan bagi saya atau koreksi diri untuk saya.

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

prev next