Thursday 20 September 2012

CERITAKU DI ADIRA INSURACE SURABAYA

Hari Jum’at tanggal 31 Agustus 2012, hari itu aku terharu sekali dengan teman2 kerjaku, Eeeat…tapi tunggu dulu aku cerita dari awal aja ya agar enak. Heheheheh
Tepatnya Tanggal 17 Januari 2012 aku baru mulai bekerja di ADIRA INSURANCE SURABAYA sebagai Data Entry Polis. Hari pertama aku datang ke kantor adira surabaya, sepadaku tak taruh di parkiran depan lalu masuk ke kantor adira aku di bukakkan pintu ma pak satpam…dan di sapa oleh Mas wawan “selamat pagi pak ada yang bisa di bantu?” (grundel dalam hati: emang kelihatannya aku tua ya kok di panggil pak). Ini saya ingin ketemu sama Ibu Ranny Head Policy Production, “sebentar pak mohon di tunggu silakan duduk dulu (di celok pak maneh)”. tidak lama kemudian muncul cewek langsung samperin aku. Dia tanya “Mas Pangkat ya?” iya mbak “ayo mas ikut saya…!” (lah emang mw di ajak kemana aku ini) aku jawab iya2 doank. Akhirnya aku ikut Eeeehh…..g tahunya di kenalkan sama orang sekantor, dari mulai Opration sampek Marketing (wes g siap apo2 blas aku) aku Cuma bilang ya mas….ya mbak poko’e salaman.

Setelah itu aku disuruh duduk di tempat yang emang sudah di sediakan untuk aku bekerja. Aku plonga-plongo kerjo lapo iki aku belom da yang kasih tahu. Kemudian aku tanya sama mbak Fitra kebetulan aku kenal sama mbak fitra akhirnya aku disuruh bantu Mbak Rara (mbak rara iku seng ngenalno aku tadi loh kawan-kawan itu namanya mbak rara).

Pekerjaan yang pertama kali aku kerjakan Yaitu Renewal (Renewal iku bahasa polis artinya gampangane ngene “kalau masa polis sudah mau habis terus ingin di teruskan lagi alias di perpanjang periodenya” lah ikulo jenenge Renewal) J wkwkwkwkwkw. Belajar belajar belajar sedikit demi sedikit lama jadi bukit…wkwkwkwk akhirnya jadi tahu aku sedikti-sedikit tentang dunia asuransi.

Waktu itu sudah sore sudah mau jam pulang kok rame ya di belakang Ehm….ternyata teman2 lagi minum-minum (bukan minuman keras loh yo…) dan bercanda sambil nunggu jam pulang. Aku mikir wah enak ya kerja di sini bisa santai (ding-dong). Dengan berjalannya waktu aku belajar terus sampek aku bisa nginput data dan tugasku jadi jelas yaitu paling inti menginput polis yang berbau Syariah (opo ae kat polise?? Yo macem2….onok Motor, Mobil, Omah, Gadai Emas, Asuransi Jiwa, dll)

“Sweneng tok la’an kat kerjone santai?” iku pikiranq pas kerja selama seminggu “lah kok seminggu? Ya inilah dunia kerja semua pasti ada suka maupun dukanya. Setlah satu minggu jadi g bisa santai blas. Pernah waktu itu aku dapat tugas untuk menyelesaikan Asuransi tentang polis Gadai Emas, ya wes ndak pa2 aku kerjakan tapi aku jawab “Mohon di bimbing ya untuk pertama kalinya karena saya belom pernah input ini, lah kok bos ku bilang “jujur aku juga belom pernah karena disurabaya belom pernah input Polis ini yang biasanya  input itu orang pusat” (atiku : Mateng aku terus aku njalok ajari sopo…..iki??) aku tanya teman sebelah ku yang biasanya input jawabnya “aku juga ndak tahu gimana cara inputnya ini di sistem” (ya memang ketika kita input polis tidak asal input banyak sekali peraturan yang harus kita tahu dan pahami).

Waktu itu aku baru bekerja 2 bulan ilmu yang aku dapat sangat kurang sekali, wes akhirnya aku biarin dulu polis tersebut….lah kok di lain wantu marketing syariah tanya ke aku “polis Gadai Emas sudah jadi belom Mas?” (wadoh jawab opo aku ki….!!) aku jawab dengan jujur (karena aku orangnya juju, baih hati dan……tidak sombong) “Belum mbak…saya belom bisa input! (Duuuooooorrr………..) akhirnya marketing syariah marah2 ke aku “ loh gimana sih mas ni polis sudah lama di order loh kok belom jadi juga, aku sudah di tanyain sama customer, aku jawab pa hanyo kalo polisnya belom jadi! (aku diam saja tak berdaya L), aku hanya bisa bilang maaf.

Kemudian aku ngomong saya bosku (namanya ibu Ranni Kusumawati) “Bu…ini saya belom bisa input polis ini, saya juga tidak tahu harus tanya ke siapa karena disini sudah saya tanyain belom ada yang bisa” di jawab sama bosku “loh kamu tanya sama orang pusat bagaimana cara inputnya (ati: lah orang pusat iki sopo…kapan aku kenale…disuruh tanya ke siapa punya nama….jadi bingung aku tambahan aku juga g tahu no telpnya berapa) aku beranikan diri “ke siapa saya harus bertanya bu…karena saya belom tahu sama sekali dan no telp yang bisa saya hubungi berapa…?”


Karena bosku orangnya baik hati dan cantik (hehehehehehehe,,,”kerawa dlm hti) akhirnya dia turun tangan dan cari informasi “ini no telponnya dan namanya ini coba kamu tanya2 sama dia belajar yang serius ya….sapek kamu bisa” aku hannya bisa menjawab “ya bu saya akan coba..!”. Weee….g ku sangka bosku emang baik hati aku sama sekali tidak dikasih kerjaan selama beberapa hari karena aku hanya di suruh belajar input Polis tersebut g akan aku sia-siakan waktu yang di berikan itu (tapi asline yo sungkan).

Tereeeennng…bisa juga saya input polis gadainya sekarang tinggal kirim ke pusat jakarta untuk di Inforce (Inforce ku po kat? Inforce iku gampangane pengecekan terakhir nek wes di inforce datanya g bisa di edit lagi, begono…). Loooooooh…….. lah kok di kembalikan lagi  orang pusat bilang masih ada yang salah dengan penginputanku, kemudian aku minta ajari yang benar dan akirnya ter inforce juga Polis Gadai Emasnya. Hore….hore…hore….senangnya hatiku.

Dukanya lagi, kalau akhir bulan wah ndak bisa pulang cepet pulangnya malem2 pernah sampek jam 11 malam….,(APA……? Seng ngenah kat) ya itu karena kita kejar penutupan akhir bulan jadi kita harus lembur dan kita juga harus punya tanggung jawab untuk menyelesaikan itu karena perusahaan sudah percaya denga kita agar pekerjaan yang sekarang sudah kita pegang bisa selesai dengan baik sesuai keinginan perusahaan.

Sekarang aku ingin cerita Senangnya.

Senangnya pas awal bulan dan akhir bulan (loh kok bisa Kat…?) ya karena kalau di awal bulan kerjaan sudah agak santai lah…dan baru terima gajian jadi hati ini senang lah dan kalau di akir bulan g duka terus rek…ada senangnya yaitu traktiran dari bosku hehehehehe………. Jadi aku bisa makan2 ke Restoran (wah berati kuwe sak ki ngerti regane sego nang restoran ngono iku kat..? g ngerti aku wong g melok bayar). Padahal dulu aku g pernah makan2 di tempat seperti itu biasanya nang warung pinggir dalan kadang yo sego bungkusan (ketero kat rupamu nek Ndeeesoooo, jok ngeyek yo…). Ini aku kasih foto2 ketika aku jalan-jalan dan makan2 dengan teman kerjaku.

Ketika Kita Bersama

Ketika aku baru masuk di adira sekitar 3 bulan aku di suruh berangkat ke JAKARTA sendirian untuk mengikuti Traininng Quotation Module (aku bertanya-tanya, Jakarta? Isok ta aku sampek jakarta….?) aku tanya sama bosku naik kereta apa naik bus bos? “ya naik pesawat lah….!” (wadoh tambah kacau, wong aku g tahu numpak pesawat disuruh numpak pesawat, terus duwi’e sopo…?) ternyata semua sudah di tanggung kantor untuk biayanya dari berangkat sampek pulang (asek……) ya sudah akirnya aku mau untuk berangkat meskipun dengan hati was was karena ndak pernah naik pesawat….Untung bunda Ranni yang baik hati selalu sms aku, kasih tahu caranya “kalau begini ya…. nanti kamu harus begini kalau begitu ya nanti harus begitu” aku nurut saja apa yang dia katakan Waa………aah…..akhirnya Cak Pangkat (sebutanku kalau di kantor) bisa  Sampek di ibu Kota Indonesia.

Ini pertama kalinya aku naik pesawat dan sampai di Ibu Kota Jakarta, meskipun macet g papa yang penting sampek Jakarta.

TiketKu Berangkat Ke Jakarta

Waktu aku pulang pas naik taxi bosen menuju ke bandara di dalam taxi g ada yang aku ajak ngobrol, yaaa….sesekali aku tanya supirt taxinya “bapak aslimana?, sudah lama pak bekerja jadi sopir? Dll” eeehh….g ku sangka ada tlp masuk aku angkat ternyata mbak Rara….terima kasih ya mbak rara sudah temenin aku ngobrol dari naik taxi sampek aku mau meluncur ke Kota Surabaya lagi.

Satu lagi nich yang paling terkesan ketika kerja di adira, rasa kekeluargaan yang begitu kental. Rasa kekeluargaan ini wah hebat sekali kita kerja sudah seperti keluarga sendiri, g enak yo di tanggung bareng, enak yo di tanggung bareng. Kalau di bilang itu serperti salaing memiliki satu sama lain, ya…mungkin kita punya tanggung jawab yang sama utuk menyelesaikan tugas yang sudah di berkan ke kita semua. Apapun makanannya tetep kebersamaan kita semua….wkwkwkwkwkwkwk…..!

Pada akhirnya aku memutuskan untuk Resign dari Adira karena ada beberapa faktor yang mengharuskan aku untuk mengambil keputusan tersebut. Awalnya aku mikir tentang kehidupanku, waktu hari-hariku hanya untuk bekerja bekerja bekerja jadi ketika aku bekerja kemudian aku pulang, tidur, bagung tidur terus kerja lagi, terus seperti itu. Heeemz…..sungguh inilah hidup, jujur saja aku ndak mw hidup seperti itu ya….mungkin aku orangnya blakraan heehehehe.

Tepatnya tanggal 31 Agustus 2012 hari terakhirku masuk kerja dan hari itu juga yang membuatku terharu…..aku tidak menyangka kalau aku dapat kado dari teman2 sebuah kumpulan foto yang di jadikan satu dan sebuah CD. Aku penasaran denga isi CD tersebut akhirnya aku masukan leptop wah g ku sangka tersnyata ada File Vido tentang aku ketika kerja di Adira.
Kenang-Kenangan Dari Sahabat

Terima kasih buwat Ibunda Ranni Kusumawati yang telah memberikan saya kesempatan untuk bekerja bersama teman2 dan terimaksih atas bimbingan dan kebaikannya selamat ini kapadaku.

Terima kasih buwat Mas Oeri yang juga banyak mengajarkanku tentang asuransi dan sudah baik hati sekali kepada saya selama ini.

Terima kasih buwat Mbak Fitra dan Mbak Rara yang sudah mengajariku tentang cara penginputan dari berbagai macam jenis Polis Asuransi dan sudah sabar sekali megajarkannya kepadaku.

Terima kasih buwat temanku yang satu ini Yusron Qodarusman (sang sepesialin Print polis asuransi) yang sudah membuatkan editan foto-fotokku jadi bagus dibingkai pula dan terima kasih Vidionya bagus banget….sampek dibela-belain sakit untuk membuat itu semua.

Semuanya terima kasih semoga rasa kekeluargaan kita tidak sampai disini saja semoga sampai di alam yang bereda nanti kita tetap di pertemukan jadi satu. Meskipun hanya sebentar bersama kalian semua, tapi rasa keluarga ini tetap ada didalam hati ini. Maafkan saya jika ada perkataan, perilaku, sopan santuk yang kurang berkenan di hati kalian semua saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

============== JANGAN LUPA DENGAN SAYA YA… ===============
(CAK PANGKAT)
=========== MY DARLING DADAR GULING============

14 comments:

Anonymous said...

Mas mau tanya waktu test di Adira Insurance. Testnya kayak gimana? Makasi yo.

pangkat aliyuddin said...

Tes nya mbulet tapi untung aku beruntung :D

Anonymous said...

Mas psikotesnya di adira Insurance kyk gimana? Maksi ya. Soalnya besok saya mau psikotest.

dante said...

maturnuwun mas tulisane menghibur banget wkwkwk XD

pangkat aliyuddin said...

Terimah kasih mas Dante....Semoga Menghibut....
kali ja bisa menginspirasi...hahahahhahah

Unknown said...

Mas mohon share dong,,aku juga sedang menjalani proses rekrutmen di adira insurance, sudah melewati tahap psikotes, interview hrd, interview user, negosiasi gaji dgn bag payroll,dan hari ini selesai medical check up, kira" untuk kesempatan lolos tdknya setelah mcu gmn y menurut pengalaman mas?

Unknown said...

Hai mas pangkat,
Nanya dong..utk proses rekrutmennya wkt itu brp lama nunggu hasil medical check up.nya?
Trus memang ttd offering letter dulu ya sebelum mcu..?
Sya tgl30 kmrn mcu tp belum ada kabar..trims

Unknown said...

Hai mas pangkat,
Nanya dong..utk proses rekrutmennya wkt itu brp lama nunggu hasil medical check up.nya?
Trus memang ttd offering letter dulu ya sebelum mcu..?
Sya tgl30 kmrn mcu tp belum ada kabar..trims

pangkat aliyuddin said...

haii...mbak yunita...sori mbak baru bisa balas comentnya mbak.
sama kayak mbak, ada pisiko tes, medical check up, tes intervie sama Kepala bagian, kemudian nunggu beberapa hari...baru aku di panggil untuk langsung bekerja dengan Keluarga Besar ADIRA INSURANCE yang ada di Surabaya. ;)

Unknown said...

Mau tanya mas test di adira insurance apa aja yaa mas? Terimakasih :)

pangkat aliyuddin said...

banyak mas firdaus

Anonymous said...

Mas mau tanya dong, itu kan masnya kerja sebagai data entry polis..maaf emang masnya lulusan apa ya kalo boleh tau ? Kalo lulusan smk gitu bisa ngga ya ngelamar di adir ?

Unknown said...

Mau tnya mas naruh lamaran Adira itu di mana ya mas

pangkat aliyuddin said...

data Enty polis saya pakai ijazah SMK, cuma saya menggunakan kelebihan mengetik 10 jari

Lamaran adira langsung di taruh di kantor adira Mas

Post a Comment

Komentar anda adalah kemajuan bagi saya atau koreksi diri untuk saya.

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

prev next